Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Buku Siswa Bahasa Inggris Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum Merdeka

Diterbitkan : - Kategori : Buku Kurikulum Merdeka

Pendidikan adalah salah satu aspek yang mendapat dampak dari pandemi Covid-19 seperti menghilangnya pengetahuan dan keterampilan (learning loss) dan kesenjangan pendidikan yang dialami peserta didik.

Berdasarkan kondisi tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi merilis Kurikulum Merdeka sebagai upaya untuk memulihkan kembali kondisi belajar peserta didik di Indonesia. Kurikulum Merdeka didesain sebagai kerangka kurikulum yang lebih leksibel. Artinya, kurikulum ini memberi ruang untuk setiap individu mengembangkan potensinya masing-masing.

Buku English for Nusantara Kelas VII ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik pada tingkat Sekolah Menengah Pertama, khususnya Kelas 7, untuk mengeksplorasi Bahasa Inggris pada tahap awal.

Buku ini menyajikan berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan peserta didik untuk mengeksplorasi penggunaan Bahasa Inggris yang sesuai dengan konteks yang biasa ditemui peserta didik remaja.

Di dalam buku ini, peserta didik dipajankan pada karakter dan ilustrasi yang erat dengan dunia remaja serta penggunaan sederhana Bahasa Inggris dalam berbagai konteks seperti lingkungan rumah dan sekolah.

Buku English for Nusantara untuk peserta didik ini dikembangkan sesuai dengan Capaian Pembelajaran yang dimuat dalam Kurikulum Merdeka. Pendekatan yang dipakai dalam buku ini meliputi karakteristik peserta didik menengah pertama, proses pemerolehan bahasa pertama yang beranjak dari oral skills menuju ke written skills, dan Genre-Based Approach.

Dengan demikian, topik, kegiatan pembelajaran, penggunaan bahasa, dan ilustrasi disesuaikan dengan karakteristik peserta didik remaja, dimulai dari bahasa lisan ke bahasa tulis, dan mengadaptasi tahapan pembelajaran menulis dari Genre-Based Approach. Adapun keterampilan yang yang difokuskan pada buku ini meliputi menyimak, berbicara, membaca, memirsa, menulis dan mempresentasikan yang disajikan secara terpadu dalam berbagai jenis teks.

Baca Juga  Buku Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum Merdeka

Selain itu, buku ini juga mengadopsi Proil Pelajar Pancasila dan Sustainable Development Goals (SDG) dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Pengembangan kompetensi dan karakter peserta didik menjadi sorotan utama dalam Proil Pelajar Pancasila.

Buku ini memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengeksplorasi pengalaman mereka yang berkaitan dengan diri sendiri, kebudayaan melalui makanan, lingkungan rumah, dan sekolah. Dan, buku ini memfasilitasi empat dari 17 isu SDG, yaitu (1) ruang lingkup kesadaran lingkungan (environmental awareness); (2) ruang lingkup keamanan digital (digital safety); (3) ruang lingkup nutrisi dan kebugaran (nutrition and wellness) dan; (4) ruang lingkup literasi inansial (inancial literation).

Buku Siswa diharapkan dapat memberi motivasi belajar Bahasa Inggris yang ramah terhadap peserta didik melalui topik, ilustrasi, dan karakter yang ditampilkan.

Melalui buku ini, peserta didik diharapkan mendapat kesempatan untuk mengeksplorasi Bahasa Inggris sehingga menumbuhkan rasa percaya diri dalam menggunakan Bahasa Inggris dalam situasi-situasi yang familiar bagi mereka. Selain itu, Buku Siswa ini juga diharapkan dapat mewujudkan implementasi Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka.

Baca dan Download Buku Siswa Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Artikel ini memiliki

7 Komentar

TITO SEPTIAN RAMADANI
Rabu, 23 Agu 2023

yes

Balas
Selasa, 26 Sep 2023

Bagus

Balas
yahya
Minggu, 15 Okt 2023

bagaimana downloadnya

Balas
Kamis, 19 Okt 2023

Bagus

Balas
hasriani
Senin, 11 Mar 2024

bagus

Balas
Selasa, 19 Mar 2024

Buka buku layar penuh

Balas
Selasa, 19 Mar 2024

Gimana cara buka layar penuh nya

Balas

Beri Komentar