Info Sekolah
Rabu, 17 Jul 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Buku Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum Merdeka

Diterbitkan : - Kategori : Buku Kurikulum Merdeka

Bahwa bahasa merupakan bagian yang penting dalam kehidupan. Dengan bahasa, seseorang dapat berkomunikasi. Dengan bahasa pula, seseorang bisa memperoleh ilmu pengetahuan, mengolahnya, dan menyampaikannya kepada orang lain. Dengan demikian, bahasa menempati posisi yang penting dalam kehidupan manusia. Fungsinya tidak terbatas pada aspek komunikatif saja, tetapi juga penyampai informasi. 

Selain itu, bahasa juga mempunyai fungsi kognitif (mengembangkan kemampuan intelektual dan mental) dan emotif (kemampuan mengekspresikan dan mengungkapkan diri). 

Buku ini disusun untuk membantu siswa dalam memfasilitasi pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII. Buku Bahasa Indonesia Kelas VIII ini disusun sebagai panduan dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia. Model utama yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah pedagogi genre yang memiliki empat tahapan, yakni penjelasan, pemodelan, pembimbingan, dan pemandirian. 

Dengan model ini, peserta didik diharapkan mengenal dan memahami materi-materi ajar yang mampu mendorong mereka memiliki Profil Pelajar Pancasila dengan ciri-ciri sebagai berikut: 

1. beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; 

2. berkebinekaan global; 

3. bergotong royong; 

4. mandiri; 

5. bernalar kritis; dan 

6. kreatif. 

Buku teks Bahasa Indonesia merupakan alat bantu pembelajaran bagi siswa. Pembelajaran yang direkomendasikan dalam buku ini adalah dengan menggunakan tiga pendekatan, yakni mengutamakan keteladanan siswa sebagai pendidik, pembelajaran yang berpusat pada siswa, serta pembelajaran kontekstual. Untuk itu, model pembelajarannya memang perlu kontekstual, banyak mengggunakan diskusi dan presentasi, hingga model pembelajaran proyek.

Namun situasi di masing-masing lingkungan pendidikan tentu berbeda- beda. Untuk itu siswa perlu mengembangkan model pembelajaran sendiri yang dipandang relevan dengan pembelajaran yang difasilitasinya. Siswa perlu lebih intensif meluangkan waktu dalam pembelajaran yang dipandangnya paling efektif untuk keperluan masing-masing.

Baca Juga  Buku Informatika untuk Siswa Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum Merdeka

Dengan buku ini siswa dapat membaca dan mempelajari setiap bagian materi yang akan membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan buku ini. Begitu juga penggunaan pemetaan pikiran (mind mapping) dalam setiap pertemuan seperti pemetaan pikiran yang dicontohkan dalam setiap bab. Berbagai contoh yang ada di dalam buku ini kiranya akan mempermudah siswa menyiapkan dan menjalankan proses pembelajaran Bahasa Indonesia yang difasilitasinya.

Penulis dan Penerbit

Penulis buku Bahasa Indonesia Kelas 8 terdiri dari Maya Lestari Gusfitri dan Elly Delfia. Sementara penelaah adalah Titik Harsiati dan Mu’jizah. Buku Bahasa Indonesia untuk siswa ini diterbitkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat.

Baca dan Download IPA Buku Siswa Kelas 8

Berikut buku guru dan siswa Bahasa Indonesia untuk kelas 8 SMP/MTs Kurikulum Merdeka yang dapat anda download di bawah ini .

  • Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum Merdeka [Download]

Baca langsung

Semoga buku ini memberi manfaat yang luas untuk peserta didik di negara Indonesia tercinta ini. Akhir kata, selamat mendampingi peserta didik Anda dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia yang hangat, Bapak dan Ibu Guru. Semoga mereka tumbuh menjadi pribadi yang unggul dan membanggakan.

Demikian Buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum Merdeka yang admin dapat bagikan, semoga bermanfaat bagi tenaga pengajar dan peserta didik untuk mempermudah dalam belajar.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar