Info Sekolah
Rabu, 17 Jul 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Materi Lengkap Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Untuk MI Kelas 5

Diterbitkan :
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Untuk MI Kelas 5

Sejarah Islam telah menyimpan begitu banyak kisah inspiratif tentang perjuangan dan kepemimpinan yang mengarah pada terbentuknya peradaban yang mulia. Di tingkat Sekolah Kelas 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah), materi Studi Kitab Islam (SKI) menjadi jendela penting bagi para siswa untuk memahami perjalanan Islam dari masa ke masa.

Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi peristiwa bersejarah yang menyorot upaya Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah yang harmonis dan sejahtera. Selanjutnya, kita akan memahami bagaimana beliau menegakkan kesepakatan dengan kelompok non-Muslim, menciptakan kerukunan dan toleransi di tengah perbedaan.

Tak lupa, kita akan menyingkap sebab-sebab dan memahami peristiwa Fathu Makkah yang menandai momen bersejarah dalam sejarah Islam. Penaklukan Mekah bukanlah sekadar kejayaan militer, namun juga membawa pesan perdamaian dan kasih sayang dari Rasulullah SAW.

Pentingnya menjaga perdamaian dalam setiap kondisi akan menjadi bagian penting dalam artikel ini. Rasulullah SAW sebagai teladan dalam menangani situasi yang sulit, memberikan inspirasi bagi kita untuk mengutamakan persaudaraan dan saling mengasihi dalam menjalin hubungan dengan sesama manusia.

Tidak ketinggalan, bab-bab selanjutnya akan mengenalkan kisah-kisah teladan dari para Khalifah, yakni Abu Bakar ash-Shiddiq R.A, Umar bin Khattab R.A, Uthman bin Affan R.A, dan Ali bin Abu Thalib R.A. Kisah mereka yang penuh keberanian, keadilan, dan kejujuran akan membuka pandangan tentang kepemimpinan Islam yang tulus dan adil.

Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan baru dan menginspirasi para pembaca, terutama siswa Kelas 5 MI, untuk mengambil pelajaran berharga dari kisah-kisah hebat ini. Mari bersama-sama belajar dan menggali hikmah dari perjalanan agung Islam yang membawa cahaya dan harapan bagi peradaban dunia.

Berikut ini materi lengkap Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk MI Kelas Kelas 5 dapat dibaca di baawah ini.

Materi Semester I

BAB I UPAYA NABI MUHAMMAD SAW MEMBINAMASYARAKAT MADINAH

A. Pembinaan Bidang Agama

B. Pembinaan Bidang Sosial

C. Pembinaan Bidang Ekonomi

D. Pembinaan Bidang Pertahanan

BAB II UPAYA NABI MUHAMMAD SAW DALAM MENEGAKANKESEPAKATAN DENGAN KELOMPOK NONMUSLIM

A. Piagam Madinah; Kesepakatan Perdamaian

 B. Perjanjian Hudaibiah Komitmen Damai Rasulullah Saw. Dengan Kafir Quraisy

C. Nabi Muhammad Menjalin Komunikasi dengan Raja Nonmuslim

BAB III SEBAB-SEBAB DAN PERISTIWA FATHU MAKKAH

A. Pelanggaran Perjanjian Hudaibiah

B. Sikap Rasulullah Saw. atas Pelanggaran Hudaibiah

C. Kemenangan di Kota Makkah (Fathu Makkah).

BAB IV RASULULLAH SAW MENJAGA PERDAMAIAN DALAMPERISTIWA FATHU MAKKAH

A. Rasulullah Saw. Memaafkan Penduduk Makkah

B. Rasulullah Saw. Membersihkan Berhala di Ka’bah

C. Rasulullah Saw. Menjaga Kehormatan Penduduk Makkah

BAB V WAFATNYA RASULULLAH SAW

A. Tanda-tanda Wafatnya Rasulullah Saw

B. Peristiwa Haji Wadak

C. Wafatnya Rasulullah Saw

Materi Semester II

BAB VI KISAH TELADAN ABU BAKAR ASH SHIDDIQ R.A

A. Meneladani Sahabat Abu Bakar Ash Shiddiq r.a

B. Sahabat Abu Bakar Ash Shiddiq r.a. Menjadi Khalifah

BAB VII KISAH TELADAN UMMAR BIN KHATTAB R.A

A. Meneladani Umar Bin Khattab r.a

B. Sahabat Umar Bin Khattab r.a. Menjadi Khalifah

BAB VIII KISAH TELADAN USTMAN BIN AFFAN R.A

A. Meneladani Sahabat Utsman Bin Affan r.a

B. Sahabat Utsman Bin Affan r.a. Menjadi Khalifah

BAB IX KISAH TELADAN ALI BIN ABU THALIB R.A

A. Meneladani Sahabat Ali Bin Abu Thalib r.a

B. Sahabat Ali Bin Abu Thalib r.a. Menjadi Khalifah

Di penutup artikel ini, kita dapat menyimpulkan bahwa perjalanan agung Islam dipenuhi dengan kisah-kisah inspiratif yang menggugah hati dan mengajarkan nilai-nilai mulia. Nabi Muhammad SAW dan para Khalifah menjadi teladan bagi umat Islam dalam berjuang membangun peradaban yang harmonis dan damai.

Melalui upaya Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah, kita belajar pentingnya mengedepankan toleransi, persaudaraan, dan saling menghormati dalam membentuk komunitas yang kokoh. Kesepakatan dengan kelompok non-Muslim menunjukkan pentingnya diplomasi dan perdamaian dalam menghadapi perbedaan dan konflik.

Peristiwa Fathu Makkah mengajarkan tentang kekuatan kasih sayang dan pengampunan sebagai sarana untuk mencapai perdamaian yang sejati. Nabi Muhammad SAW menjaga perdamaian dan menunjukkan rahmatnya, meskipun telah meraih kemenangan atas kota Mekah.

Kisah-kisah teladan dari para Khalifah, seperti Abu Bakar ash-Shiddiq R.A, Umar bin Khattab R.A, Uthman bin Affan R.A, dan Ali bin Abu Thalib R.A, menggambarkan kepemimpinan yang adil, bijaksana, dan berwawasan luas. Mereka berjuang untuk kemaslahatan umat Islam dengan tulus dan setia.

Dari artikel ini, semoga kita semua dapat mengambil pelajaran berharga tentang arti penting persaudaraan, toleransi, dan kasih sayang dalam membentuk masyarakat yang beradab. Marilah kita terus mengamalkan nilai-nilai luhur ini dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita dapat mengikuti jejak perjalanan agung Islam untuk menciptakan dunia yang lebih baik dan harmonis.

Semoga pengetahuan dan wawasan dari materi SKI Kelas 5 MI ini menjadi bekal bagi generasi muda Islam untuk menjadi pemimpin yang bijaksana dan berbakti bagi masyarakat dan bangsa. Teruslah belajar dan mengambil inspirasi dari kisah-kisah gemilang ini, karena di dalamnya terdapat hikmah dan cahaya untuk peradaban masa depan yang lebih baik.

Download Buku SKI Kelas 5 MI

Berikut ini adalah link download buku Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk MI Kelas Kelas 5 untuk dapat dibaca dan dipelajari secara langsung.

Download Buku SKI Kelas 5 MI

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar