Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Balutan Baju Adat, Warnai Upacara Hari Guru Nasional 2023 di MTsN 3 Mataram

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

Mataram_Humas – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Mataram menggelar upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2023 pada Sabtu (25/11/2023) di halaman madrasah. Upacara ini diikuti oleh seluruh guru, karyawan, dan peserta didik MTsN 3 Mataram dengan menggunakan baju adat nasional.

Adat yang menggunakan baju adat khas Sasak Lombok, Mbojo, Madura, Jawa dan lainnya. Nuansa kebanggaan dan kebahagiaan terpancar dari para peserta upacara yang mengenakan busana adat nasional berasal dari daerah masing-masing. Penggunaan baju adat tersebut berdasarkan Pedoman yang diterbitkan oleh Mendikbudristek dan SE Pendis Kemenag RI No. 28 Tahun 2023 tentang ketentuan pakaian upacara Hari Guru Nasional (HGN) 2023.

Dalam upacara HGN tersebut, Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki, S.Pd. bertindak sebagai pembina upacara. Ia menyampaikan pidato Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, yang berisi apresiasi kepada guru-guru Indonesia.

“Hanya orang-orang terbaiklah yang terpilih menjadi guru. Guru adalah profesi yang sangat agung dan bermartabat. Apresiasi tertinggi patut disematkan kepada guru-guru Indonesia. Guru lah suluh bangsa yang menjadi penerang dan sosok yang mencerahkan setiap generasi, mengantarkan kebangkitan dan kemajuan bangsa,” kata H. Marzuki.

Ia juga menyampaikan bahwa guru memiliki peran penting dalam membentuk generasi yang tangguh, sesuai dengan nilai-nilai agama dan budaya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama kehadiran kecerdasan buatan seperti Chat GPT Artificial Intelligence (AI), menjadikan guru untuk terus menjadi pembelajar demi lahirnya anak bangsa yang mumpuni dalam merespons isu global masa kini.

“Kita saat ini sedang berusaha bersama menyongsong Indonesia Emas 2045. Bonus demografi di depan mata. Indonesia panen generasi produktif di era transformasi digital. Tentu para guru berperan penting dalam ikut membentuk mereka menjadi pribadi hebat dan berkarakter di era transformasi digital,” kata H. Marzuki.

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Sukses Selenggarakan Persami dan Pelantikan Pramuka

Tema Hari Guru Nasional tahun 2023 ini adalah, “Guru Pembelajar, Bahagia Mengajar,” mencerminkan potret guru yang transformatif. Guru harus terus belajar dan mengembangkan diri agar dapat memberikan pembelajaran yang berkualitas kepada peserta didik.

“Kementerian Agama telah dan akan terus mengambil langkah signifikan demi memfasilitasi peningkatan kompetensi guru melalui program digital literacy, digitalisasi madrasah, dan bantuan pembelajaran digital. Kementerian Agama juga berkomtimen untuk terus memberikan perhatian dan afirmasi bagi peningkatan kesejahteraan guru,” kata H. Marzuki.

Upacara peringatan HGN 2023 di MTsN 3 Mataram berlangsung dengan penuh khidmat dan semangat dengan balutan baju adat nasional yang dikenakan oleh seluruh peserta upacara. Upacara ditutup dengan pemberian penghargaan dan apresiasi kepada guru-guru dan tenaga karyawan atas dedikasi dan pengabdiannya mereka terhadap kemajuan madrasah.

Tak lupa juga diberikan penghargaan kepada salah satu siswa Latifa Zahra Aprillia Kelas VIII-1 yang menoreh prestasi Medali Perunggu pada kompetisi nasional olimpiade siswa Indonesia 17 yang diselenggarakan oleh LPK ASTIKOM dan DEEHATI GLOBAL LOOP secara daring di Sukhoharjo tanggal 28 – 29 Oktober 2023.

Selamat Hari Guru Nasional 2023. “Guru Pembelajar, Bahagia Mengajar,”. “Ing ngarsa sung tulada, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani,”.

Diwartakan oleh :

Ruslan Wahid, ST (Humas)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar