Info Sekolah
Rabu, 17 Jul 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Animo Masyarakat Tinggi, Belum 1 Hari Mendaftar di MTsN 3 Mataram Sudah Mencapai 250 orang

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

MTsN3Mataram_News- Proses pendaftaran peserta didik baru (PPDB) MTsN 3 Mataram untuk tahun pelajaran 2022/2023 telah dibuka secara serentak dengan sekolah-sekolah maupun madrasah-madrasah lainnya yang berada di wilayah Kota Mataram pertanggal 20 Juni 2022. Dan akan berakhir tanggal 22 Juni 2022 mendatang.

Belum sampai 1 hari sejak dibukanya pendaftaran calon peserta didik baru di MTsN 3 Mataram sudah mencapai 250 orang dengan rincian 23 orang yang memilih jalur prestasi dan 227 orang memilih jalur reguler.

“Dengan jumlah tersebut sudah melampaui kouta yang akan diterima di MTsN 3 Mataram sebanyak 84 orang calon peserta didik baru dimana jalur prestasi 20 orang dan sisanya 64 orang untuk reguler”, ungkap Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki saat dikonfirmasi di ruang kerjanya.

Ia mengakui terjadinya lonjakan pendaftar menunjukkan animo masyarakat terutama orang tua yang ingin menyekolahkan dan menitipkan anaknya untuk menimba ilmu agama maupun umum di MTsN 3 Mataram dari tahun ke tahun sangat tinggi. “Bukan saja dari lingkungan Mataram yang mendaftar bahkan dari wilayah luarpun banyak yang ikut bersaing”, paparnya.

Mengingat letak strategis MTsN 3 Mataram yang berada di pintu gerbang masuk Kota Mataram dan merupakan akses jalan internasional membuat MTsN 3 Mataram menjadi pilihan dan idola bagi masyarakat mendaftarkan anaknya pada tiap proses seleksi PPDB.

“Patut kami syukuri sekarang ini madrasah sangat diminati oleh banyak orang, bukan itu saja sekarang madrasah menjadi pilihan nomor satu bagi masyarakat untuk memilihkan anaknya sekolah, sebab orang tua sangat mengerti dan tahu arah pendidikan yang diperoleh bagi anaknya bila di madrasah” tandas Marzuki.

Oleh sebab itu ia berharap dari hasil seleksi calon peserta didik baru tahun 2022 ini menghasilkan bibit-bibit yang unggul yang siap memajukan dan membesarkan nama madrasah dalam berbagai bidang baik bidang akademik maupun non akademik.

Baca Juga  Bimtek Penyusunan SKP Terbaru 2022

Terkait ketentuan dan persyaratan bagi calon peserta didik menurut Ketua panitia PPDB Ahmad Muzayyin, S.S menjelaskan ada beberapa kriteria persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta ketika mendaftarkan dirinya secara online melalui website resmi PPDB MTsN 3 Mataram.

“Khusus untuk jalur prestasi persyaratannya harus meraih rangking 1-3 di SD/MI pada kelas IV-VI yang dibuktikan dengan rapor atau Surat Keterangan Rangking dari sekolah, sementara nilai raport baik untuk reguler maupun prestasi harus memiliki nilai minimal 80 pada kelas 4 – 6 (semester 7 – 11) untuk mata pelajaran Pendidikan Agama (SD) atau Al-Qur’an Hadits (MI), Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam yang dibuktikan dengan rapor”, paparnya.

Adapun kegiatan seleksi PPDB tambah Muzayyin ada beberapa tahapan yakni tahap pendaftaran secara online dimulai sekaligus pengumuman hasil seleksi sementara dari tanggal 20 – 22 Juni. Tahap berikutnya pada tanggal 23 Juni dilakukan verifikasi data dan tes Baca Al-Qur’an sekaligus pengumuman akhir/final bagi calon peserta yang dinyatakan lulus dan tahap terakhir adalah proses daftar ulang dari tanggal 24 – 25 Juni 2022.

“Untuk proses verifikasi dan validasi keabsahan data bagi calon peserta didik sekaligus mengikuti tes baca Al-Qur’an harus membawa bukti pendaftaran online, Surat Keterangan Kelulusan (SKL) MI/SD asli, Surat Keterangan Rangking Kelas Khusus bagi Peserta Didik Jalur Prestasi, raport asli Kelas IV, V dan VI (Semester 7 s.d. 11), pas photo warna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar dan poto copy akte kelahiran sebanyak 1 lembar”, sambung Muzayyin.

Sementara alur pendaftaran PPDB online ungkap Ruslan Wahid sebagai desainer website PPDB MTsN 3 Mataram tahun 2022 bahwa calon peserta terlebih dahulu mengakses link portal resmi website PPDB melalui browser google atau sejenisnya baik PC maupun hp android.

Baca Juga  Serah Terima Penghargaan Plakat Jamnas XI 2022 oleh 4 Siswa MTsN 3 Mataram

“Setelah berhasil diakses selanjutnya calon peserta didik baru memilih menu formulir pendaftaran, lalu dialihkan untuk menentukan pilihan jalur yang diinginkan, apakah jalur prestasi atau jalur reguler, setelah memilih baru mengisi data-data dan nilai-nilai raport yang dibutuhkan”, terangnya.

Menurutnya bila ada data yang tidak sesuai dengan persyaratan terutama nilai raport dibawah nilai 80, sebagai contoh nilai raportnya diinput 78, maka akan secara otomatis data akan ditolak oleh sistem ketika proses kirim data yang ditandai dengan notifikasi pada form akan berwarna merah. Namun bila semua nilai raport memenuhi persyaratan denga nilai 80 ke atas maka datanya akan berhasil.

Selain itu dikatakan Ruslan kelebihan dan keunggulan website PPDB yang dirancangnya ini walaupun terkesan sederhana namun bisa menampilkan perengkingan atau peringkat para calon peserta didik dari nilai tertinggi ke nilai terendah secara otomatis yang dapat dilihat di menu Pengumuman Hasil Seleksi atau menu Rekap Pendaftar.

“Alhamdulillah kami desain website PPDB tahun ini agar bisa secara otomatis menampilkan peringkat bagi calon siswa yang mendaftar, jadi tidak perlu lagi repot-repot kita buat dan upload secara manual, cukup calon peserta hanya tinggal melihat namanya dan masuk peringkat keberapa, maka akan ketahuan apakah masuk zona aman atau tidak”, pungkas Ruslan.

Diwartakan oleh
Ruslan Wahid, ST (Tim Publikasi MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar