Info Sekolah
Kamis, 25 Apr 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

50 Siswa MTsN 3 Mataram Ikuti Simulasi Asissmen Nasional

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

mtsn3mataram- Pemerintah telah meniadakan Ujian Nasional (UN) namun mulai tahun ini diganti dengan Asesmen nasional (AN). Sehingga madrasah tengah mempersiapkan diri untuk pertama kalinya dilaksanakan AN tahun 2021 salah satunya mengikuti simulasi AN yang diadakan serentak tanggal 2 dan 3 September 2021.

“Untuk MTsN 3 Mataram saat ini sedang berjalan mengikuti simulasi, sebanyak 50 siswa Kelas 8 yang dipilih secara acak” ungkap H. Marzuki, Kepala MTsN 3 Mataram saat memantau pelaksanaan simulasi AN pada Kamis (2/9/2021).
“Nama-nama ke 50 siswa tersebut diusulkan secara acak sebagai sampel dan pelaksanaannya dilakukan secara tatap muka langsung yang kebetulan siswa-siswa sedang mengikuti proses PTM” terangnya.


“Semenjak Kota Mataram masuk level 3 Madrasah sudah menerapkan PTM terbatas dengan mengikuti prokes yang ketat sehingga siswa-siswa yang mengikuti simulasi AN secara langsung di madrasah, mereka datang sejak pukul 07.00 pagi dengan menggunakan seragam, terlebih dahulu sholat duha dan doa bersama sebelum mulai dan pukul 13.00 siswa sudah pulang semua” beber Marzuki.


Selama menjalani simulasi AN menurut Marzuki, seluruh fasilitas telah disiapkan oleh madrasah, seperti komputer, laptop dan perangkat lainnya. “Proktor dan teknisi serta pengawas ikut hadir memantau proses simulasi” urainya.
Bila ditemukan kendala bagaimana cara melakukan login, mengisi soal dan lainnya dibantu oleh proktor dan teknisinya, sebelumnya siswa telah diberikan kartu peserta yang diambil dari website kementerian untuk mengikuti simulasi” pungkas Marzuki.


Ia berharap dengan pelaksanaan simulasi ini dijadikan pedoman untuk mengikuti Asesmen Nasional (AN) yang sebenarnya. “Karena AN adalah hal yang baru dan diikuti dari kelas 8 bukan kelas akhir maka perlu diperkenalkan melalui simulasi-simulasi seperti ini agar pada pelaksanaan AN sebenarnya menjadi terbiasa” harapnya

Baca Juga  Selain Simulasi ANBK, Siswa MTsN 3 Mataram Juga Mengikuti Simulasi AKMI


Untuk diketahui pelaksanaan simulasi di MTsN 3 Mataram dilakukan secara bertahap dengan 2 sesi, setiap sesi diikuti oleh 25 peserta siswa dari kelas 8 yang telah dipilih secara acak.


Fasilitas server yang dimiliki MTsN 3 Mataram sebanyak 2 server dengan ketentuan masing-masing server memiliki 25 client sehingga keseluruhan menjadi 50 client dan cadangan 4 client.


Diwartakan oleh Ruslan Wahid, ST (Guru MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar