Info Sekolah
Senin, 04 Mar 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

MAN IC Lombok Timur Gelar Sosialisasi SNPDB di MTsN 3 Mataram

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

Mataram_Humas – Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Lombok Timur NTB menggelar sosialisasi Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) di MTsN 3 Mataram, pada Sabtu, 27 Januari 2024.

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas IX MTsN 3 Mataram. Dalam sosialisasi tersebut, tim sosialisasi SNPDB MAN IC Lombok Timur sebanyak 2 orang Bapak Hidayat Joni M. bersama bapak Imam Maksum. Mereka berdua menyampaikan informasi terkait dengan seleksi nasional penerimaan siswa baru tahun pelajaran 2024/2025.

Kepala MTsN 3 Mataram, H. Marzuki menyambut baik kehadiran tim MAN IC Lombok Timur untuk melakukan sosialisasi kepada peserta didik khususnya bagi siswa kelas IX agar lebih mengenal lebih jauh keberadaan MAN IC Lotim.

“Sosialisasi SNPDB MAN IC Lombok Timur ini merupakan kesempatan yang baik bagi para siswa kelas IX MTsN 3 Mataram untuk mengetahui informasi terkait dengan seleksi penerimaan siswa baru MAN IC Lombok Timur” kata Marzuki.

Ia menyampaikan bahwa MAN IC Lombok Timur merupakan salah satu madrasah unggulan di NTB. Oleh karena itu, saya berharap para siswa kelas IX MTsN 3 Mataram dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk bersaing mempersiapkan diri mengikuti seleksi SNPDB MAN IC Lombok Timur, pungkasnya.

Sementara itu, Tim Sosialisasi SNPDB MAN IC Lombok Timur, Imam Maksum, M.Pd., menyampaikan bahwa seleksi SNPDB MAN IC Lombok Timur terdiri dari dua jalur, yaitu jalur tes dan jalur prestasi.

“Untuk jalur tes, yakni mengikuti tes berbasis cbt dengan materi seleksi meliputi tes potensi belajar dan tes akademik. Sedangkan untuk jalur prestasi, materi seleksi meliputi prestasi akademik, prestasi non-akademik, dan wawancara,” ujar Imam.

Adapun persyaratannya terang Imam terbagi menjadi Persyaratan Pendaftaran dan persyaratan pendaftar. Untuk persyaratan madrasahnya terdiri dari mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Telah terdaftar di EMIS (bagi madrasah) dan DAPODIK (bagi sekolah) dan Mempunyai Sertifikat Akreditasi dari BAN-S/M atau Surat Izin Operasional Madrasah/Sekolah.

Baca Juga  Untuk Menumbuhkan Kreativitas Siswa, MTsN 3 Mataram Laksanakan Classmeeting

Sementara untuk persyaratan Pendaftar terdiri dari :
1. Tercatat sebagai peserta didik kelas IX/ Ill Wusto MTs/SMP negeri, swasta, Pendidikan Diniyah Formal (PDF), dan Pendidikan Muadalah pada tahun pelajaran 2023/2024
2. Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2024
3. Mendapatkan rekomendasi kolektif sebagai siswa terbaik dari Kepala Madrasah/Sekolah/PDF/pendidikan muadalah asal sesuai dengan kuota pendaftar per madrasah/sekolah/PDF/pendidikan muadalah yang ditetapkan
4. Mendapatkan Surat Keterangan/ Rekomendasi dari Kepala madrasah/sekolah/PDF/Pendidikan Muadalah asal sebaga siswa berprestasi tingkat Nasional (KSM, OSN, MYRES, OPSI, Lomba Penelitian/Karya Ilmiah yang diselenggaraka oleh Pemerintah (Kemenag, Kemendikhudristek),
5. Memiliki NISN yang terdaftar pada EMIS bagi madrasah dan NISN pada DAPODIK bagi sekolah umum.

Sedangkan untuk jadwal Seleksi jelas Imam, baik untuk jalur prestasi maupun jalur tes dimulai dari tanggal 8 Januari hingga 17 Februari 2024. Untuk daya tampung bagi MAN IC Lombok Timur disiapkan sebanyak 96 orang terdiri dari 40 orang untuk putra dan sisanya 56 orang untuk putri.


Acara sosialisasi berlangsung dengan lancar dan interaktif. Para peserta sosialisasi aktif mengajukan pertanyaan kepada tim sosialisasi. Di akhir kegiatan di tayangkan video tutorial cara pendaftaran untuk menghindari kesalahan atau kekeliruan dalam proses pendaftaran.

Diwartakan oleh:
Ruslan Wahid,  ST (Humas)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar