Info Sekolah
Senin, 04 Mar 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Tim PJAS Aman SMPN 6 Mataram Belajar Pengelolaan Pangan Jajanan Aman di MTsN 3 Mataram

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

Mataram_Humas- Setelah meraih juara 1 tingkat nasional pada lomba PJAS Aman berkali-kali MTsN 3 Mataram menerima kunjungan untuk belajar tentang pengelolaan jajanan aman anak sekolah.

Dari luar daerah BBPOM Padang, dan BBPOM Pekanbaru telah hadir mengunjungi MTsN 3 Mataram. Sementara dari dalam daerah sendiri sudah hadir SMAN 1 Aikmel Lombok Timur.

Pada hari ini, Jumat, 12 Januari 2024, giliran SMPN 6 Mataram hadir di MTsN 3 Mataram untuk menggelar kegiatan studi tiru yang bertujuan untuk belajar pengelolaan pangan jajanan anak sekolah.

Dalam kegiatan ini secara langsung hadir Kepala SMPN 6 Mataram, H. M. Sibawaeh, S.Pd, berserta 4 (empat) orang anggota timnya yang akan belajar di MTsN 3 Mataram.

Kegiatan dimulai dengan sambutan hangat, ramah tamah dan ucapan selamat datang dari tuan rumah, Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki, bertempat di ruang perpustakaan.

“Kami sangat mengapresiasi kehadiran SMPN 6 Mataram dalam rangka studi tiru ini. Kerjasama antar-sekolah sangat penting dalam mengembangkan inovasi dan meningkatkan mutu pendidikan dalam bidang keamanan jajanan anak sekolah,” ujar H. Marzuki saat menyampaikan sambutannya.

“Bagaimanapun juga anak-anak adalah investasi yang besar nilainya untuk bangsa dan negara untuk masa depan, maka perlu kita siap mereka untuk menjadi anak yang sehat jasmani dan rohani dengan berbagai cara salah satunya dengan mengawal PJAS Aman”, sambungnya.

Maka kata Marzuki acara kunjungan ini menjadi wadah untuk pertukaran ide dan pengalaman antar dua sekolah yang memiliki komitmen tinggi terhadap peningkatan mutu keamanan pangan jajanan anak.

Selanjutnya, Kepala SMPN 6 Mataram, H. M. Sibawaeh, menyampaikan sambutannya. Dalam sambutannya, Sibawaeh menyampaikan bahwa SMPN 6 Mataram ingin belajar dari MTsN 3 Mataram yang telah berhasil meraih juara 1 nasional lomba PJAS Aman kategori SMP/MTs regional tengah.

Baca Juga  Lomba Senam Kreasi Meriahkan Classmeeting MTsN 3 Mataram, yuk tonton videonya

“Kami ingin belajar bagaimana cara MTsN 3 Mataram dapat meraih juara nasional padahal saat seleksi tingkat provinsi sama-sama menjadi rival. Kami berharap dengan studi tiru ini, kami dapat meningkatkan kualitas pengelolaan pangan jajanan di SMPN 6 Mataram,” ujar Sibawaeh.

“Kami berharap dapat memetik manfaat besar dari pengalaman MTsN 3 Mataram dalam menjalankan program PJAS Aman,” pungkasnya.

Sesi berikutnya melibatkan pemaparan program dan inovasi PJAS Aman MTsN 3 Mataram. Ketua koordinator, Ibu Ricka Dwi Noviana, S.Pd, memaparkan dengan rinci langkah-langkah dan strategi yang telah berhasil diimplementasikan di MTsN 3 Mataram terkait PJAS Aman.

Ricka menyampaikan bahwa MTsN 3 Mataram menerapkan berbagai program dan inovasi dalam pengelolaan pangan jajanan, di antaranya: Membangun kerjasama dengan pedagang lokal, Melibatkan siswa dalam program edukasi, Mendukung pertanian toga atau biologi garden dan Menjaga keamanan pangan di madrasah dengan sidak para pedagang.

Selain itu kata Ricka MTsN 3 Mataram menjadi pendukung penilaian dengan point tinggi adalah MTsN 3 Mataram telah melaksanakan sarapan bersama dan minum TTD setiap sekali seminggu pada hari Jum’at.

“Ada juga inovasi master of cheaf, feace Love nland update, Harvest moon dan ada juga kegiatan senam bersama tiap akhir bulan. Bukan itu saja yang menjadi point tinggi dalam penilaian adalah adanya kegiatan pengimbasan kepada sekolah lain dan dukungan dari pihak pemerintah atau stecholder”, beber Ricka

Setelah pemaparan program dan inovasi PJAS Aman MTsN 3 Mataram. Kemudian, dilaksanakan diskusi antara tim PJS Aman SMPN 6 Mataram dengan tim PJAS Aman MTsN 3 Mataram. Pertukaran gagasan dan pengalaman ini diharapkan dapat menjadi landasan untuk implementasi program serupa di SMPN 6 Mataram.

Usai acara ramah tamah, kegiatan dilanjutkan dengan observasi lapangan. Tim dari SMPN 6 Mataram turut memeriksa secara langsung pelaksanaan program PJAS Aman di MTsN 3 Mataram, menggali insight praktis, dan mencatat aspek-aspek yang dapat diadaptasi di sekolah mereka.

Baca Juga  Keluarga Besar MTsN 3 Mataram Antusias Mengikuti Ziarah Makam Pahlawan Nasional

Tidak hanya observasi lapangan, tetapi kegiatan ini juga melibatkan telaah dokumen. Tim SMPN 6 Mataram mempelajari dokumen-dokumen terkait kebijakan, evaluasi, dan panduan pelaksanaan program PJAS Aman. Hal ini bertujuan untuk memahami lebih dalam kerangka kerja yang telah diterapkan oleh MTsN 3 Mataram.

Kegiatan studi tiru ini diharapkan menjadi langkah awal bagi SMPN 6 Mataram dalam mengimplementasikan program serupa, meningkatkan kualitas pendidikan, serta memberikan pangan jajanan yang aman dan berkualitas bagi para siswa. Kerjasama antar-sekolah diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik dan berkelanjutan.

Diwartakan oleh:
Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar