Info Sekolah
Senin, 04 Mar 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

KPU Mataram Berikan Sosialisasi Pemilu Osim MTsN 3 Mataram

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Kesiswaan

Mataram_Humas – MTsN 3 Mataram kembali akan menggelar pemilihan umum calon ketua dan wakil ketua Osim (Pilkasis) untuk masa bhakti 2023/2024.

Beberapa rangkaian kegiatan dilaksanakan sebelum acara puncak pemilu osim diantaranya Sosialisasi tentang pemilu oleh Komisioner KPU Kota Mataram dan dilanjutkan dengan orasi penyampaian visi misi oleh masing-masing calon sebagaimana dilaksanakan pada hari ini, Jum’at (8/12/2023) .

Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari siswa-siswa dan dewan guru kepada masing-masing calon pasangan ketua osim untuk mengimplementasikan dari visi misi masing-masing.

Kehadiran anggota Komisioner KPU Mataram, Sopan Sopian Hadi, SE, MM ditengah-tengah warga madrasah, untuk memberikan arahan dan motivasi tentang pemilihan umum calon ketua dan wakil ketua Osim MTsN 3 Mataram yang akan dilaksanakan selayaknya Pilpres atau Pemilukada.

Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya pemilihan Calon ketua OSIM sebagai sarana pembelajran untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan demokrasi di kalangan siswa-siswi.

“Pemilihan calon ketua OSIM ini mirip dengan pemilihan presiden dalam skala kecil,” ujar Sopian.

“Para siswa berhak untuk memilih pemimpin mereka sendiri, dan para calon ketua harus menyampaikan visi-misi yang jelas untuk meyakinkan pemilih”, sambungnya.

Sopian tak henti-hentinya mengingatkan kepada para siswa-siswi untuk menjadi pemilih yang cerdas dan rasional. Ia berpesan agar siswa-siswi tidak hanya terpengaruh terhadap popularitas semata, tetapi juga mempertimbangkan program kerja, visi-misi, dan track record dari masing-masing calon.

“Cari tahu sebanyak-banyaknya tentang calon ketua, perhatikan visi-misi mereka, apa yang ingin mereka capai? Bagaimana rencana mereka untuk mewujudkan visi-misi tersebut? Dan tentu saja, perhatikan juga bagaimana rekam jejak mereka selama ini”, imbuh Sopian

“Dan jangan lupa untuk menjaga kerahasiaan suara kalian, kebebasan memilih adalah hak asasi yang harus kita jaga. Jangan sampai ada pihak lain yang mempengaruhi pilihan kalian”, tegasnya.

Baca Juga  Penuh Khidmat, MTsN 3 Mataram Laksanakan Apel Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Lebih lanjut, Sopian berpesan kepada para calon ketua untuk berkompetisi secara sehat, sportif, dan tidak saling menjelekkan. Ia menekankan pentingnya menyampaikan visi-misi dan program kerja secara jelas dan meyakinkan, serta menerima apapun hasil pemilihan dengan lapang dada.

“Para calon ketua harus bersaing secara sehat, jangan ada saling menjelekkan, fokuslah pada program kerja dan visi-misi masing-masing. Dan yang terpenting, bersikaplah sportif dan terima apapun hasil pemilihan dengan lapang dada”, pungkasnya.

Menutup sambutannya, Sopian berharap agar pemilihan ketua OSIM ini berjalan lancar dan menghasilkan pemimpin yang terbaik untuk MTsN 3 Mataram. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah, guru, dan seluruh panitia pelaksana yang telah bekerja keras demi terlaksananya acara ini.

“Saya yakin, melalui proses pemilihan ketua OSIM ini, akan terlahir pemimpin-pemimpin masa depan yang berkarakter, berjiwa demokratis, dan siap untuk membawa MTsN 3 Mataram ke arah yang lebih baik,” tutup Sopian.

Hal senada diungkapkan Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki, S.pd saat memberikan sambutanya bahwa pemilihan pengurus OSIM sangat penting dilaksanakan untuk mendukung berjalannya program-program madrasah.

“OSIM merupakan organisasi yang penting bagi madrasah, OSIM menjadi wadah bagi siswa untuk menyalurkan aspirasi dan kreativitas mereka, oleh karena itu, pemilihan pengurus OSIM harus dilakukan secara demokratis dan transparan”, katanya.

Kepada para pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIM, Marzuki berpesan agar mereka memiliki visi dan misi yang jelas untuk kemajuan madrasah. Beliau juga mengingatkan para siswa agar memilih calon ketua dan wakil ketua OSIM berdasarkan visi dan misinya, bukan berdasarkan tendensi atau kepentingan pribadi.

Pada akhir sambutannya, Marzuki mengucapkan terima kasih kepada KPU Kota Mataram yang telah bersedia memberikan sosialisasi dan pencerahan tentang pemilihan umum kepada para siswa MTsN 3 Mataram.

Baca Juga  Puluhan Siswa MTsN 3 Mataram, Ikut Meriahkan Funbike Lanud Rembiga

“Sosialisasi dan pencerahan ini penting untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam memilih pemimpin secara bijak,” ujarnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Pemilu Osim MTsN 3 Mataram Iskandar, S.Pd menyampaikan laporannya di hadapan Kepala madrasah, KPU Kota Mataram dan seluruh peserta didik sebagai calon pemilih menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut, baik dari segi pendanaan maupun sarana dan prasarana.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak kepala madrasah, Bapak KPU Mataram, Bapak KTU, Bapak Ibu Wakil Kepala dan bapak ibu guru semua yang terlibat dalam kegiatan ini atas segala bentuk dukungan,” ujar Iskandar.

Iskandar juga menyampaikan permohonan maaf apabila dalam kegiatan tersebut ada hal-hal yang kurang berkenan. “Kami juga atas nama Panitia memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh anak-anakku,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, selaku ketua panitia Iskandar menyampaikan beberapa pesan penting kepada seluruh siswa. Pertama, menggunakan hak pilih dengan baik. “Gunakan hak kalian baik-baiknya,” pesan Iskandar.

Kedua, memperhatikan atas sosialisasi yang diberikan dari KPU Kota Mataram. “Tolong diperhatikan tolong didengarkan supaya anak-anakku nanti ketika mencoblos suaranya tidak menjadi sia-sia,” jelasnya.

Iskandar berharap agar pilihan siswa yang menjadi ketua dan wakil ketua OSIS adalah yang terbaik untuk MTsN 3 Mataram. “Mudah-mudahan apa yang menjadi pilih kalian itulah yang terbaik untuk mpsn 3 Mataram,” harapnya.

Diwartakan oleh Ruslan Wahid (Humas)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar