Info Sekolah
Rabu, 21 Feb 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

ANBK 2023 MTsN 3 Mataram Mulai Hari Ini, Berjalan Lancar dan Tertib

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

Mataram, Humas – Hari ini, Senin tanggal 18 September 2023, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Mataram resmi menggelar pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang siswa dari tingkat kelas 8, dan menjadi momen penting dalam penilaian pendidikan di Indonesia khususnya MTsN 3 Mataram.

ANBK merupakan salah satu program evaluasi pendidikan yang dilaksanakan secara nasional. Tujuannya adalah untuk mengukur kemampuan siswa dalam berbagai mata pelajaran terutama dalam bidang literasi dan numerasi. Selain itu untuk memantau perkembangan kemampuan belajar siswa secara berkala, serta memberikan umpan balik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran bagi madrasah.

Antusiasme para siswa dan siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Mataram mengikuti pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023. Yang diadakan selama 2 hari kedepan.

Pada hari pertama dari ANBK 2023 MTsN 3 Mataram (18/9/2023) sejak pagi-pagi buta tampak siswa-siswi yang telah bersiap bersemangat ketika memasuki ruang ujian komputer mereka masing-masing. Sebelumnya, para siswa telah menjalani persiapan yang intensif untuk menghadapi ujian ini.

Kepala MTsN 3 Mataram, H. Marzuki, S.Pd, menyampaikan bahwa persiapan untuk pelaksanaan ANBK tahun ini telah dilakukan secara intensif oleh seluruh pihak terkait, termasuk guru-guru, siswa, para panitia, pengawas ruangan, proktor, teknisi dan staf administrasi sekolah.

“Kami sangat berkomitmen untuk memberikan fasilitas dan kondisi terbaik bagi siswa dalam mengikuti ANBK. Ini adalah kesempatan bagi mereka untuk mengukur kemampuan mereka secara objektif dalam bidang literasi numerasi dan survei karakter serta lingkungan,” kata Marzuki.

Menurutnya pelaksanaan ANBK 2023 di MTsN 3 Mataram akan berlangsung selama 2 hari kedepan, dimulai hari ini Senin (18/9/2023) dan berakhir pada tanggal 19 September 2023. Siswa akan mengikuti asesmen berbasis komputer (ANBK) yang mencakup berbagai bidang seperti Literasi Membaca, Numerasi, Survei Karakter dan Survei Linkungan belajar.

Baca Juga  Penilaian Satker Sehat MTsN 3 Mataram

Hal senada dikatakan Ketua panitia ANBK 2023 Elis Sulistiya, S.Pd sekaligus Waka Kurikulum bahwa pelaksanaan ANBK yang diikuti 50 siswa dengan rincian 45 orang menjadi peserta utama dan sisanya 5 orang menjadi cadangan. Dalam pelaksanaannya diatur menjadi 3 sesi, tiap sesi diikuti 15 orang selama kurang lebih 130 menit.

Dari pantuan pewarta pelaksanaan ANBK 2023 MTsN 3 Mataram tampak berjalan lancar dan tertib dari sesi pertama hingga sesi terkahir. Semua fasilitas sarana prasarana pendukung ANBK baik perangkat lunak maupun perangkat keras telah disiapkan oleh pihak madrasah.

Untuk diketahui Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan pengganti Ujian Nasional (UN) yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2021. ANBK dirancang sebagai program evaluasi pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan melihat input, proses, dan output pembelajaran.

ANBK tidak digunakan sebagai syarat kelulusan peserta didik, tetapi digunakan untuk perbaikan kualitas pendidikan. Secara umum, ANBK merupakan instrumen evaluasi pendidikan yang lebih komprehensif dan lebih relevan dengan tujuan pendidikan di Indonesia. ANBK diharapkan dapat menjadi instrumen yang efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Diwartakan oleh:

Ruslan Wahid, ST (Humas)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar