Info Sekolah
Senin, 04 Mar 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

MTsN 3 Mataram Gelar Asesmen Akhir Semester untuk Siswa Kelas VII dan VIII

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Kesiswaan / Pendidikan

Mataram (Humas_MTsN3Mataram)- Sejak tanggal 29 Meni 2023 MTsN 3 Mataram telah mulai melaksanakan asesmen akhir semester untuk siswa-siswi kelas VII dan VIII. Kepala MTsN 3 Mataram, H. Marzuki, memberikan arahan kepada pengawas ujian pada hari pertama (29/5/2023) agar melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Menurutnya, dalam pelaksanaan asesmen akhir tahun ini beda dengan tahun-tahun sebelumnya terutama dalam penyusunan soal.

“pada tahun-tahun sebelumnya hanya menggunakan jenis soal pilihan dan saja, namun tahun ini bentuknya bervariasi selain pilihan ganda, ada juga pilihan jawaban komplek, dan soal benar salah”, bebernya.

Menurutnya kesemua jenis soal itu memperhatikan bentuk Soal mana yang termasuk soal HOTS, MOTS, dan LOTS.

Soal LOTS, singkatan dari Lower Order Thinking Skills, merupakan keterampilan berpikir tingkat rendah yang cukup dengan mengetahui sesuatu. Siswa dihadapkan pada tipe soal LOTS yang melibatkan meniru, mengikuti, mengingat, atau mengidentifikasi.

“Sementara itu, soal MOTS, singkatan dari Middle Order Thinking Skills, mengharuskan siswa menggunakan logika dan berpikir tingkat menengah. Soal MOTS melibatkan kemampuan membedakan, mengasosiasikan, mengurutkan, mengelompokkan, mempolakan, merepresentasikan, menghubungkan sebab akibat, serta menyimpulkan. Untuk menjawab soal MOTS, siswa perlu mengandalkan pengetahuan dan pemahaman yang telah dimiliki”, jelas Marzuki.

Sedangkan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) tambah mantan Kepala MIN 1 Mataram ini bahwa HOTS mengharuskan siswa menggunakan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. “Soal HOTS merupakan tipe soal berbobot tinggi yang menuntut siswa untuk menguraikan, mengevaluasi, mengubah paradigma, dan mengambil kesimpulan berdasarkan informasi yang diberikan” tandasnya.

Pemikiran kreatif juga diperlukan dalam menjawab soal HOTS, meliputi kemampuan berimajinasi, menyintesis, membingkai ulang, membuat teori, menginduksi, menginterpretasi, hingga menghasilkan hal-hal baru.

Oleh sebab itu kepada Pengawas ujian Kepala MTsN 3 Mataram, H. Marzuki, menekankan pentingnya disiplin dan profesionalisme pengawas ujian dalam menjalankan tugasnya. Ia berharap agar pengawas tidak hanya memberikan soal yang berbobot, tetapi juga menjaga disiplin dan memiliki kewibawaan dalam mengawasi jalannya ujian.

Baca Juga  Penarikan Mahasiswa PLP Unram, Kamad MTsN 3 Mataram: Jadikan Pengalaman yang Berguna bagi Masyarakat

Untuk diketahui Asesmen akhir semester di MTsN 3 Mataram telah memasuki hari ke-4. Yang dimulai sejak tanggal 29 Mei 2023 dan akan berakhir pada 10 Juni 2023 mendatang. Tujuan dari proses asesmen ini adalah untuk dapat memberikan hasil yang akurat dan memberikan gambaran yang baik tentang pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan.

MTsN 3 Mataram terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan melibatkan berbagai aspek, termasuk pengembangan keterampilan berpikir siswa. Dengan adanya asesmen akhir semester yang mencakup Soal HOTS, MOTS, dan LOTS, diharapkan siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dalam proses pembelajaran.

Diwartakan oleh :

Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar