Info Sekolah
Senin, 04 Mar 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Utamakan Peserta Didik, MTsN 3 Mataram Salurkan Zakat Fitrah Kepada 104 Orang Siswa

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

mtsn3mataram- Bertempat di Musholla panitia Amil Zakat MTsN 3 Mataram bersama Kepala Madarasah H. Marzuki yang didampingi oleh KTU Hazmi Hakim, telah menyalurkan zakat fitrah kepada 104 siswa yang berhak menjadi mustahik pada bulan Ramadhan tahun 2023 ini. Kegiatan ini merupakan bagian dari program nuansa ramadhan yang diadakan oleh madrasah setiap tahunnya.

Seperti yang kita ketahui, zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban bagi setiap umat Muslim bahkan anak yang baru lahirpun dikenakan kewajiban berzakat. Zakat fitrah harus disalurkan kepada kaum yang membutuhkan sebelum hari raya Idul Fitri tiba. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu mereka yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan makanan selama bulan Ramadhan dan juga sebagai bentuk solidaritas sosial dalam mempererat tali persaudaraan.

Sebagaimana diungkapkapkan panitia amil zakat bahwa penyaluran zakat fitrah dilakukan dengan cara mengumpulkan beras atau uang sesuai takaran dari para siswa.

“Setelah zakat terkumpul, kemudian panitia menyalurkan kepada siswa yang berhak menerima sebanyak 104 orang dari hasil data yang diperoleh tiap kelasnya. Selain siswa juga disalurkan ke beberapa Yayasan Bantuan Sosial yang ada di sekitar lingkungan madrasah untuk masyarakat yang membutuhkan, seperti anak yatim, kaum dhuafa, dan fakir miskin”, jelas Hasniaty.

“Proses penyaluran dilakukan dengan sangat hati-hati dan transparan, mulai dari pendataan,, pengumpulan, penimbangan beras agar sesuai dengan takaran yang telah disyareatkan oleh agama hingga proses penyaluran kepada siswa maupun masyarakat”, sambungnya.

Kepala MTsN 3 Mataram Marzuki mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya madrasah untuk mengajarkan nilai-nilai sosial dalam Islam dan membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Penyaluran zakat ini merupakan program tahunan yang dijalankan oleh madrasah pada tiap bulan Ramadhan, tujuannya adalah untuk ikut membantu kepada mereka khususnya siswa yang membutuhkan dan melalui kegiatan ini mereka terus mendapatkan manfaat dari kegiatan sosial yang positif seperti ini”, ucap Marzuki.

Baca Juga  Ciptakan Generasi Taat Hukum, Kejaksaan Mataram Berikan Pengenalan Hukum Pada Siswa MTsN 3 Mataram

“Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa peduli dengan sesama dan terus membantu mereka yang membutuhkan, terutama di tengah kondisi perekonomian yang belum menentu karna pandemic yang terjadi bebera tahun lamanya”, bebernya.

Dengan penyaluran zakat fitrah ini juga dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan, yang biasanya menjadi bulan yang lebih sulit bagi mereka yang kurang mampu.

Lebih lanjut dikatakan Marzuki saat memberikan sekapur sirih pada waktu pembagian zakat kepada siswanya bahwa dalam Islam, zakat fitrah adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat penting. Selain menjadi kewajiban bagi setiap umat Muslim yang mampu, zakat fitrah juga memiliki banyak manfaat sosial dan spiritual.

“Dengan menyalurkan zakat fitrah kepada mereka yang membutuhkan, kita dapat membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mempererat tali persaudaraan dalam masyarakat”, tegasnya.

Diharapkan dengan kegiatan penyaluran zakat fitrah oleh MTsN 3 Mataram ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap sesama, terutama dalam kondisi ekonomi yang tidak menentu seperti sekarang ini. Selain itu dengan kegiatan sosial seperti penyaluran zakat fitrah ini oleh madrasah dapat membantu meningkatkan citra madrasah tersebut di masyarakat.

“Dengan melakukan kegiatan sosial yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi siswa, madrasah juga dapat memperlihatkan komitmen dan kepedulian terhadap peserta didiknya dan masyarakat umum”, tandas Marzuki.

Bagi siswa yang telah menyalurkan zakatnya melalui madrasah merupakan sarana untuk mengajarkan nilai-nilai sosial dan religius kepada mereka. “Dengan melibatkan siswa dalam kegiatan seperti penyaluran zakat fitrah, siswa dapat memahami betapa pentingnya kegiatan sosial dalam Islam dan memperoleh pengalaman dalam membantu sesama”, tutupnya.

Diwartakan oleh:

Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar