Info Sekolah
Rabu, 21 Feb 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Osim MTsN 3 Mataram Kunjungi Ponpes Alfatih Lombok Utara

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Kesiswaan

mtsn3mataram- Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MTsN 3 Mataram periode 2023 melakukan studi tiru di Pondok Pesantren Alfatih Gondang Kabupaten Lombok Utara pada Senin (20/2/2023).

Kegiatan tahunan yang dilakukan Osim tersebut diikuti oleh 30 orang siswa dan 7 orang guru sebagai pendamping.

Sebelum berangkat terlebih dahulu rombongan osim diberikan pengarahan sekaligus pelepasan oleh Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki, S.Pd.

Dalam arahannya ia menyampaikan kepada anggota osim agar menggali informasi terkait dengan pengelolaan Pondok Pesantren Alfatih seperti kedisiplinannya, bagaimana proses pembelajarannya agar bisa ditiru dimadrasah.

“Kami mendengar bahwa ponpes Alfatih walaupun baru 5 tahun berjalan sejak berdirinya namun pengelolaannya sangat layak untuk ditiru dari segi kedisiplinan waktunya dalam menjalankan berbagai aktivitas, hanya dengan komando pukul lonceng dengan sendirinya mengerti aktivitasnya”, jelas Marzuki.

Ia berpesan saat berada dilokasi agar menjaga etika saat bertamu, menjaga nama baik madrasah serta menunjukkan identitas diri sebagai siswa MTsN 3 Mataram sambil mempelajari apa yang ada di ponpes Alfatih.

Rombongan menaiki 2 bus berangkat sekitar pukul 08.00 wita pagi dan tiba dilokasi tepat pukul 10.00 Wita disambut langsung oleh para santri dan santriwati Pondok Pesantren Alfatih. Kemudian rombongan diajak temu bincang-bincang di Mushola bersama pengasuh Pondok Pesantren.

Diceritakan oleh pihak pengasuh bahwa keberadaan ponpes nya masih terbilang baru. “Berdiri tahun 2018 kala itu baru 3 minggu dibuka Lombok tiba-tiba dilanda gempa dahsyat sehingga santri dipulangkan dulu hingga keadaan normal kembali  dan hingga tahun ini sudah memasuki tahun ke 5”, bebernya.

Menurutnya sistem kurikulum yang diterapkan adalah sistem kurikulum Gontor yang disebut dengan KMI (Kulliatul Muaallimin Al Islamiyah) bukan seperti MTs atau bukan juga MA. Belajarnya pun selama 6 tahun.

Baca Juga  Peringatan Milad Ke 18 MTsN 3 Mataram

Pengasuh ponspes Alfatih mengaku Dengan sarana apa adanya yang dimiliki bagi santrinyanyang 50 orang mondok dan sisanya bolak balik, tidak menurunkan semangatnya untuk belajar selama 24 jam.

“Tampak ruangan belajar terbuka, kena panas, namun semangat belajar tidak pernah surut, pengelolaan makanannya pun secara mandiri, diolah dan dibuat sendiri oleh santri lalu dijual kepada santri juga, artinya dari santri untuk santri itu sendiri”, pungkasnya.

Yang patut ditiru dari pengelolaan Pondok Pesantren Alfatih adalah kedisiplinan. Dimana para santri dengan kesadaran sendirinya menjalankan aktivitas rutinitas sehari-hari dikomandoi oleh bel atau biasa disebut jaros.
Santri tanpa ada paksaan dari pihak siapapun. Mereka menaati aktivitas sehari-harinya mulai dari bangun hingga bangun lagi, dari pagi hingga pagi hari.

Semoga kedisiplinan yang diterapkan oleh Pondok Pensantren Alfatih dapat ditiru oleh para siswa MTsN 3 Mataram. Aamiin.

Sementara perwakilan dari MTsN 3 Mataram Bayanan mengucapkan terima kasih kepada pihak Pondok yang telah menerima rombongan Osim MTsN 3 Mataram datang berkunjung dalam rangka silaturrahmi dan melihat secara langsung kondisi pengelolaan Pondok Pesantren Alfatih.

“Kehadiran kami tentu kesini dengan niat baik, untukku menggali bagaimana mengelola Pondok secara mandiri hingga para siswanya taat terhadap disiplin tanpa disuruh-suruh atau diperintah”, ucapnya

Ia sangat bersyukur dengan apa yang telah disampaikan oleh pihak pengasuh Pondok bisa menambah wawasan bagi anak-anak kami dengan berharap bisa diterapkan di sekolah.

Setelah dilakukan ramah tamah, sebagai bentuk dan bukti kunjungan, pihak madrasah melakukan serah terima cindramata berupa pelakat kepada pihak ponpes yang diwakili oleh Ketua Komite H. Suhaimi Anwar dan diterima langsung oleh pengasuh Pondok Pesantren Alfatih Gondang Kabupaten Lombok Utara.

Baca Juga  167 Siswa MTsN 3 Mataram Mengikuti UKBI

Usai mengunjungi ponpes Alfatih rombongan melanjutkan perjalanan menuju pantai Nipah berlokasi di Malaka Lombok Barat untuk rekreasi sambil rehat dan menikmati hamparan tempat wisata yang sangat populer dan ramai dikunjungi oleh warga masyarakat pada saat liburan.

Diwartakan oleh:
Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar