Info Sekolah
Rabu, 21 Feb 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Buku Siswa PPKn Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum Merdeka

Diterbitkan : - Kategori : Buku Kurikulum Merdeka

Buku teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VII telah terbit oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Tantangan untuk menuntaskan buku ini tidak mudah. Perkembangan pesat teknologi informasi sejalan dengan gelombang Revolusi Industri 4.0 telah mengubah secara mendasar kehidupan sosial, termasuk di lingkungan dunia pendidikan.

Peserta didik secara umum semakin tidak ingin diarahkan, sedangkan minat literasinya terhadap narasi panjang cenderung menurun. Publik termasuk peserta didik cenderung semakin menjadikan media sosial sebagai sumber informasi utamanya.

Keadaan tersebut dapat membuat peran buku terpinggirkan bila buku tidak dikembangkan secara baik. Pada saat yang sama, derasnya budaya global juga dapat menggoyahkan jiwa kebangsaan di masyarakat tanpa terkecuali pada diri para siswa.

Dengan tantangan tersebut maka perlu hadir buku teks PPKn dengan pendekatan yang berbeda dengan sebelumnya. Kalimat perlu disusun secara lebih ringkas serta bernuansa kasual, dan dilengkapi ilustrasi serta tautan yang relevan. Hal tersebut sejalan pula dengan gerakan Merdeka Belajar yang diluncurkan dalam membantu para siswa bersiap menghadapi tantangan global abad ke-21.

Kehadiran buku ini ditulis oleh Zaim Uchrowi dan Ruslinawati dengan para penelaah, Prof. Dr. Sapriya, M. Ed. dan Adi Darma Indra, M. Pd. Semoga buku ini menghadirkan kebermanfaatan yang besar, terutama bagi siswa SMP. Selamat belajar!

Baca dan Download Buku PPKn Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Artikel ini memiliki

3 Komentar

Senteria Hutahaean
Kamis, 7 Sep 2023

Judul nya bagus dan baik mudah dipahami

Balas
Minggu, 24 Sep 2023

Sangat bagus

Balas
Rasta Fajari
Selasa, 17 Okt 2023

sangat bagus

Balas

Beri Komentar