Info Sekolah
Rabu, 21 Feb 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Rangkaian Peringatan Hari Santri Nasional Ke 8 Tahun 2022 yang digelar MTsN 3 Mataram

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

mtsn3mataram_humas- Sejak ditetapkan Hari Santri oleh Presiden Jokowi pada tahun 2015 lalu yang jatuh pada tiap tanggal 22 Oktober. Ditetapkan pada tanggal tersebut berdasarkan sejarah terhadap peran besar kaum kiai dan santri dalam perjuangan melawan penjajahan bangsa asing, bertepatan dengan resolusi jihad Mbah KH Hasyim.

Mereka yang ikut berjuang dan memiliki peran dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), antara lain KH Hasyim Asy’ari pendiri ormas Islam Nahdlatul Ulama (NU), KH Ahmad Dahlan dari Muhammadiyah, A Hassan dari Persis, Abdul Rahman dari Matlaul Anwar, Ahmad Soorhati dari Al Irsyad. Belum lagi para perwira atau prajurit Pembela Tanah Air (Peta) yang banyak juga dari kalangan santri.

Dengan ditetapkannya pada 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional maka sangat berbahagialah bagi para santri untuk merayakannya. Seluruh santri yang ada di Nusantara termasuk santri atau siswa-siswi madrasah ikut serta memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional Ke 8 Tahun 2022 dengan berbagai macam kegiatan.

Sebagaimana yang dilakukan oleh MTsN 3 Mataram untuk menyemarakkan hari santri diadakan berbagai macam kegiatan diantaranya beragam lomba ala santri, upacara, hingga jalan santai.

Berikut kami rangkum berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh MTsN 3 Mataram dalam rangka memeriahkan peringatan hari santri nasional ke 8 tahun 2022 selama 2 hari sejak tanggal 21 – 22 Oktober 2022.

1. Aneka Lomba

Ada beberapa lomba yang digelar oleh MTsN 3 Mataram untuk memeriahkan hari santri diantaranya lomba Tahfiz Al-Qur’an Juz 30, lomba Kaligrafi, lomba Puitisasi Terjemahan Qur’an dan Lomba Sarung estafet. Lomba tersebut diikuti oleh semua kelas dengan mengutus perwakilan masing-masing.

Untuk Sarung estafet mengutus 1 tim baik putra maupun putri sebanyak 7 – 10 orang untuk tiap 1 timnya. sedangkan lomba-lomba lainnya seperti puitisasi, kaligrafi dan dan puitisasi diikuti oleh 1 orang peserta dari masing-masing kelas.

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Terima 12 Mahasiswa UIN Mataram Lakukan PPL

Untuk lomba Puitisasi terjemahan al-Qur’an dimenangkan oleh Bianggung Masyita Rahmi kelas 9B seabgai juara I dan juara II Maya Novia Sari Kelas 9 C dan juara III Alyasyifa Dende Amalia. Sedangkan lomba kaligrafi dimenangkan sebagai juara I Salvia Kiranadian Putri, juaran II Nurlayla Suryani Ramadhani dan juara III Maifa Putri A.

Sementara lomba Tahfiz Qur’an Juz Amma untuk Kelas 7 dimenangkan sebagai juara I Julia Ayu Azzahra, juara II Lalu Laits Garrin, Juara III Nazifa Andhini. Untuk Kelas 8 seabgai juara I L. M. Sananul Huda, juara II SeptiaRahmadani, dan Juara III adalah Ida Ratnadewi. Sedangkan untuk pemenang tingkat kelas 9 dimenangkan sebagai juara I adalah Hani MeilaRizkia, juara II Zainul Fahmi dan juara III Hidayatul Rodhiah.

Sementara untuk lomba Sarung Estafet yang diikuti masing-masing Kelas yang keluar jadi pemenang untuk tim putra adalah Kelas 9 D sebagai pemenang juara I, Kelas 8 B sebagai juara II dan juara III dimenangkan oleh Kelas 7 D. Sedangkan tim putri Kelas 9 A sebagai juara 1, Kelas 8 D juara 2 dan Kelas 7 E juara 3.

2. Upacara Hari Santri Nasional

Kegiatan berikutnya adalah pada puncak hari santri nasional diperingati dengan Upacara Bendera pada 22 Oktober 2022 yang diikuti oleh seluruh warga MTsN 3 Mataram baik guru-guru, staf karyawan, seluruh siswa-siswa dan Mahasiswa PLP Unram.

Pada upacara hari santri ini sedikit berbeda dengan upacara-upacara lainnya. Kali ini seluruh peserta upacara menggunakan kain sarung sebagai khas pakaian dari kaum santri. Untuk siswa laki-laki menggunakan kain sarung dengan bagian atas baju putih dan peci hitam. Sedangkan yang putri menggunakan kain sarung batik khas wanita, dengan atasan baju putih dan jilbab hitam.

Sementara guru-guru tak kalah juga sebagaimana siswa, mereka menggunakan kain sarung, baju dan peci hitam bagi yang bapak-bapak dan ibu-ibu hampir sama dengan peserta didik yanag putri menggunakan kain batik, baju putih dan jilbab hitam.

Baca Juga  PPDB MTsN 3 Mataram Berjalan Lancar, Kini Calon Peserta Didik Lakukan Daftar Ulang.

Bertindak sebagai pembina menggantikan kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki adalah Kepala Tata Usaha Hazmi Hakim, S.Sos.I, M.Pd. Sementara petugas-petugas lainnya seperti pengibar bendera adalah anggota Paskibra, pemimpin, ketua pelton dan regu nyanyi oleh anggota osim.

3. Jalan Santai

Usai melaksanakan upacara peringatan Hari Santri setelah istirahat beberapa menit kemudian kegiatan dilanjutkan dengan jalan santai yang dilepas langsung oleh bapak KTU MTsN 3 Mataram. Jalan santai diikuti juga oleh seluruh warga madrasah.

Seluruh peserta jalan santai mendapatkan kupon yang telah disediakan oleh panitia untuk mendapatkan berbagai hadiah doorprize yang disponsori oleh Bank Syariah Indonesai (BSI) KC Mataram. Route yang ditempuh start mulai dari madrasah, menuju jalan lingkar selatan hingga depan gudang Sosro kemudian belok arah dan kembali finish di madrasah.

4. Pembagian Hadiah Doorprize

Ada berbagai jenis hadiah doorpize menarik telah disiapkan dalam rangka hari santri nasional. Diantara hadiah-hadiah tersebut tersedia 1 buah unit Sepeda sebagai hadia utama, 1 buah kipas angin duduk, 1 buah kompor gas ukuran besar, 1 buah mejicom, 1 buah blender dan 2 buah setrika. Hadiah doorpize ini bersumber dari sponsor yakni BSI KC Mataram.

Puncak pengundian kupon untuk hadiah utama. Diundi secara langsung oleh Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki, S.Pd. Nomor undian yang keluar sangat fenomenal dan indah sangat sesuai dengan momen tanggal dan tahun hari santri sekarang yakni dengan Nomor undi 222 dan jatuh pada siswa kela s9 C atas nama Ali Imron.

Dari hadiah yang disediakan hanya 1 orang guru yang mendapatkan adalah Hj. Muslihun, sisanya diborong oleh siswa saja.

Selamat memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2022 “Berdaya menjaga martabat kemanusiaan

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Salurkan Zakat Fitrah Ramadhan 1443 H

Demikian rangkaian seluruh kegiatan pada peringatan Hari Santri Nasional Ke 8 Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh MTsN 3 Mataram. Semoga kegiatan pada tahun-tahun berikut tambah meriah dan terima kasih atas kunjungan Anda.

Diwartakan oleh

Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar