Info Sekolah
Senin, 04 Mar 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

Twibbon Pelaksanaan AICIS Kemenag RI Ke 21 Tahun 2022

Diterbitkan : - Kategori : Twibbon

Sebelum ke twibbon AICIS Ke 21 Tahun 2022 masih sejenak kita lihat dan bahas sedikit tentang apa itu AICIS dan siapa yang melaksanakaannya. Silahkan simak uraian berikut ini dengan seksama.

AICIS adalah Konferensi Studi Islam Internasional tahunan yang diprakarsai oleh Kementerian Agama. Tahun ini, konferensi yang mengambil tema “Islam in a Changing Global Context: Rethinking Fiqh Reactualization and Public Policy” ini akan membahas lebih dari 5.000 paper berisi temuan baru dalam studi Islam.

ANNUAL International Conference on Islamic Studies atau yang familiar disingkat AICIS merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI untuk mendesiminasikan hasil penelitian para intelektual muslim yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Pelaksanaan kegiatan AICIS tahun ini relatif berbeda dengan pelaksanaan AICIS pada tahun-tahun sebelumnya, di mana pada tahun sebelumnya AICIS dilaksanakan di satu wilayah tertentu, namun AICIS kali ini akan dilaksanakan di dua tempat yang berbeda yaitu di Lombok dan di Bali.

AICIS di Lombok terpusat pelaksanaannya di Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram pada tanggal 18-20 Oktober mendatang. Sementara di Bali akan dilaksanakan pada tanggal 1-4 Nopember 2022.

Pada Tahun 2013 yang lalu, UIN Mataram untuk pertama kalinya diberi amanah oleh Kemenag RI sebagai host pelaksana AICIS.

Dan di tahun 2022 ini, UIN Mataram kembali ditunjuk oleh Kemenag RI sebagai pelaksana AICIS untuk yang kedua kalinya.

Adapun pulau Bali dipilih sebagai tempat lanjutan penyelenggaraan AICIS, boleh jadi karena kegiatan AICIS ini beriringan pelaksanaannya dengan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tanggal 15-16 Nopember 2022 di Bali.

Harapan panitia, paling tidak “Gema” dan “aura” AICIS turut serta memeriahkan perhelatan akbar G20 tersebut serta dapat memberi kontribusi berkelas dan berharga bagi kemajuan Bangsa dan Negara.

Baca Juga  Twibbon Peringatan G30S/PKI 30 September 2022

Ada dua kata kunci yang dapat mewakili semaraknya pelaksanaan kegiatan AICIS ini yaitu berkelas dan bergengsi.

Kata berkelas menunjukkan bahwa secara nyata peserta AICIS adalah peserta kelas dunia atau level internasional yang tidak terbatas oleh wilayah geografis yakni tidak hanya diikuti oleh para intelektual/cendikiawan dari berbagai daerah di nusantara, akan tetapi diikuti pula oleh para cendikiawan yang berasal dari manca negara.

Mengapa bergengsi? karena tidak semua para intelektual atau para cendikiawan baik nusantara maupun mancanegara secara otomatis diterima sebagai peserta, namun mereka yang terpilih sebagai peserta adalah mereka yang telah mengirim artikel hasil penelitiannya, kemudian di review secara ketat dan dinyatakan accepted oleh reviewer AICIS yang ahli di bidangnya.

Sungguh berbahagia dan patut berbangga bagi mereka yang terpilih dan turut serta di ajang berkelas dan bergengsi ini.

Kegiatan ini dapat dikatakan sebagai “reuni dan silaturrahmi akademis” yang spektakuler karena para intelektual dan cendikiwan bertemu, berkumpul, dan berdiskusi dalam sebuah komunitas akademik guna mencari sekaligus memberi solusi terhadap berbagai persoalan sosial, ekonomi, politik, budaya, agama dan lain sebagainya.

Download Twibbon AICIS 2022

Untuk menyemarakkan pelaksanaan AICIS Ke 21 Tahun 2022 yang akan dihelat di Mataram pada 18-20 Oktober 2022 mendatang, marilah kita mendukungnya dengan sama-sama memasang twibbon sebagai banner yang dapat kita share ke banyak media sosial.

Untuk twibbon AICIS 2022 dapat anda download pada link berikut

Download Twibbon AICIS 2022

Demikian postingan tentang sekilas dengan pelaksanaan AICIS Kemenag RI berserta twibbonnya yang dapat admin bagikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan anda.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar