Info Sekolah
Kamis, 23 Mar 2023
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

MTsN 3 Mataram Terima 8 Mahasiswa PLP Unram

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Kesiswaan / Pendidikan

MTsN3Mataram_Humas- Pada Rabu 20 September 2022 bertempat di Musholla Ulul Albab MTsN 3 Mataram menerima sebanyak 8 Mahasiswa Universitas Mataram (Unram) untuk melakukan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP).

Acara penerimaan tersebut dihadiri oleh jajaran Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum, Kesiswaan, Kehumasan dan Sarpras. Turut hadir pula guru-guru pamong Mahasiswa PLP Unram serta dosen pembimbing lapangan Dr. L. Muhaimi, M.Pd

Kegiatan yanag dimulai pada pukul 10.30 wita tersebut dipandu oleh Kehumasan MTsN 3 Mataram. Dengan rangkaian acara yang dibacakan adalah mulai dari pembukaan, penyerahan mahasiswa PLP Unram oleh dosen pembimbing lapangan, dilanjutkan dengan dengan penerimaan mahasiswa PLP oleh Kepala MTsN 3 Mataram.

Untuk penerimaan mahasiswa PLP Unram, Kepala Madrasah diwakili oleh Wakil Kepala Madrasah bagian kurikulum Ahmad Muzayyin, S.Ag.

Dalam kata-kata penyerahaannya Dosen pemboimbing lapangan mahasiswa PLP Unram Dr. L. Muhaaimi, M.Pd mengatakan bahwa ia menyerahkan mahasiswanya untuk diberikan bimbingan dan arahan terkait bagaimana mengajar langsung di kelas.

“Kami menitipkan anak-anak kami, mahasiswa kami untuk kiranya bisa diberikan bimbingan dan arahan dalam mengajar langsung” ucapnya.

Tujuan dari pengenalan lapangan persekolah ini tambah Muhaimi semata-mata untuk memberikan tambahan pengetahuan dan pengalaman mengajar langsung guna menerapkan ilmu perkuliahan yang meraka dapatkan di kampus.

Diakuinya waktu dan lama kegiatan PLP dari mahasiswa Unram memang sangat singkat hanya 1 bulan setengah. Dengan waktu yang singat tersebut ia mengharapkan kepada mahasiswanya untuk memanfaatkan waktunya dengan sebaik-baiknya.

“Gunakan waktu yang sangat singkat ini dengan sebaik-baiknya untuk belajar menggali apa yang ada pada diri guru pamong dan apa yang ada di madrasah ini” pesannya seraya menyerahkan secara resmi mahasiswanya kepada pihak madrasah.

Sementara kepala MTsN 3 mataram yang diwakili Wakamad bid Kurikulum Ahmad Muzayyin menyambut baik kedatangan mahasiswa PLP Unram di madrasah.

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Sukses Gelar ANBK Tanpa Jaringan Kabel LAN

“Selamat datang di MTsN 3 Mataram kami ucapakan dan Terima kasih kami sampaikan atas kepercayaan UNram kepada madrasah yang menjadi tempat mahasiswanya untuk melakukan PLP di madrasah”, bebernya.

Ia menekankan kepada 8 mahasiswa PLP unram untuk bisa mengambil apa yang ada di madrasah dari bentuk kegiatan-kegiatan yang dilakukan agar kedepan bisa menjadi dasar pengalaman ketika menjadi seorang pendidik ditengah-tengah masyarakat.

Selain itu diharapkan kepada mahasiswa unram untuk bisa memberikan terbaik kepada madrasah ataupun kepada peserta didik agar ketika selesai menjalankan PLP-nya ada yang dapat dikenang oleh madrasah maupun siswa.

“Dalam waktu yang singkat menjalankan program PLP kami sangat mengharapkan untuk memberikan yang terbaik agar nantinya pada akhir pelaksanaan seolah-olah anak-anak tidak mau berpisah”, harapnya.

Untuk diketahui Pengenalan Lapangan Persekolahan yang selanjutnya disingkat PLP adalah proses pengamatan/observasi dan pemagangan yang dilakukan mahasiswa Program Sarjana Pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan.

Tujuannya, untuk memperkuat jati diri calon pendidik dan membentuk kesiapan calon pendidik. Kegiatan yang dilaksanakan oleh calon pendidik pada PLP ini lebih banyak dilakukan melalui pengamatan/observasi untuk mempelajari aspek–aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di Sekolah Mitra.

Pada tahun-tahun sebelumnya sebelum menjadi PLP, nama istilahnya adalah PPL. Namun dengan terbitnya Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru, maka istilah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) untuk program sarjana menjadi Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). PLP merupakan mata kuliah untuk menyiapkan dan melengkapi kompetensi mahasiswa calon pendidik.

Diwartakan oleh

Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar