Info Sekolah
Senin, 04 Mar 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

7 Fakta Pelaksanaan Pilkasim MTsN 3 Mataram Periode 2022/2023

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Kesiswaan

Gendrang pemilihan calon ketua dan wakil ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (Osim) MTsN 3 Mataram untuk masa Bakti 2022-2023 telah dilaksanakan sejak Kamis 25 Agustus 2022 hingga Sabtu 27 Agustus 2022 mulai dari sosialisasi dari pihak KPU Mataram hingga puncak pencoblosan dan penentuan pemenang pemilu Osim MTsN 3 Mataram.

Berikut ini kami rangkum beberapa kegiatan penting pada pelaksanaan pemilu osim MTsN 3 Mataram untuk masa bakti 2022-2023.

1. Diikuti 4 Calon Ketua dan Wakil Ketua Osim

Sejak dilakukan pendaftaran dan penjaringan bakal calon Ketua dan Wakil Ketua Osim oleh pembina Osim Irwansyah, S.Pd bersama panitia Pilkasim yang dibantu dengan pengurus anggota osim lama dari tanggal 15 – 20 Agustus 2022 didapatkan 4 bakal calon Ketua dan Wakil Ketua Osim.

Keempat bakal calon Ketua dan Wakil Ketua Osim tersebut adalah calon pertama Laili Rahmayani berpasangan dengan Safitri ramdani, calon kedua Asha sarah bahira berpasangan dengan Gadis mar’atus solihah, calon ketiga M. Adit zakaria berpasangan dengan Laziza Putri dan pasangan keempat Hakim mahfudh berpasangan dengan Nadine indria Asmarani.

2. Sosialisasi KPUD Mataram

Setelah ditentukan para peserta calon pilkasim oleh panitia dilakukan pencetakan surat suara yang bekerja sama dengan pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Mataram. Dicetak sebanyak daftar peserta tetap (DPT) Pilkasim terdiri dari unsur guru dan staf karyawan, serta sejumlah peserta didik MTsN 3 Mataram.

Pada Kamis 25 Agustus 2022 dilakukan sosialisasi tentang pemilu Osim layaknya pemilukada. Secara langsung sosialisasi disampaikan oleh pihak KPUD Kota Mataram Sofan Sofian Hadi.

Sosialisasi dilaksanakan usai kegiatan pembiasaan sholat dhuha, doa dan baca Qur’an. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang bagaimana cara melakukan penyampaian hak suara, tata cara pencoblosan pada saat dilaksanakan pemilukada, pilpres termasuk pemilihan calon ketua dan wakil ketua Osim.

Baca Juga  Study Banding Osim MTsN 3 Mataram

3. Orasi dan Penyampaian Visi Misi

Rangkaian berikutnya untuk pelaksanaan pemilu osim adalah penyampaian visi dan misi serta orasi oleh 4 Balon ketua dan wakil ketua osim.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Jum’at 26 Agustus 2022 usai kegiatan imtaq Jum’at. Masing-masing calon menyampaikan visa misinya di hadapan para pendukungnya secara bergantian sesuai dengan nomor urut undian yang diterima.

Usai penyampaian visa dan misi dilanjutkan dengan penalis atau tanya jawab dari unsur guru, siswa, karyawan dan pengurus osim lama kepada calon Ketua dan Wakil osim tentang kiat-kiat menjalankan dan melaksanakan visi misi yang telah disampaikan.

Sebagaimana aturan yang ditentukan oleh moderator jawaban dari Masing-masing calon harus berbeda dalam menanggapi pertanyaan dari peserta penanya. Tidak jarang terjadi interupsi yang begitu sengit dan seru dari Masing-masing calon dalam memberikan tanggapannya.

4. Hari Pencoblosan

Puncak perhelatan pemilu osim (pilkasim) jatuh pada Sabtu 27 Agustus 2022 sebagai penentuan siapakah pemenangnya dan sebagai calon ketua dan wakil ketua osim yang akan terpilih.

Untuk pencoblosan peserta pemilihan dengan 3 TPS. Masing-masing TPS memiliki 2 bilik suara. Kesemuanya ada 6 bilik suara yang digunakan untuk memberikan hak suaranya oleh seluruh warga madrasah. Dan tiap-tiap TPS dijaga oleh anggota KPPS yang ditentukan dari pengurus Osim Periode sebelumnya.

Pencoblosan dibuka langsung secara resmi oleh Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki, S.Pd dengan menyampaikan arahannya terkait pilkasim yang digelar secara LUBER (LANGSUNG, UMUM, BEBAS dan RAHASIA). Sekaligus Kepala madrasah sebagai pembuka untuk peserta pertama memberikan hak suaranya kepada calon ketua dan wakil ketua Osim.

Kemudian diikuti oleh guru-guru dan staf karyawan. Baru kemudian para siswa sesuai TPS tempat namanya terdaftar sebagai daftar pemilih tetap  (DPT) melakukan pencoblosan secara bergiliran yang dipandu oleh masing-masing KPPS.

Baca Juga  PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PPDB TP. 2022/2023

5. Penghitungan Surat Suara

Seusai melakukan pencoblosan pada pukul 11.00 WITA dilanjutkan dengan proses pengitungan suara dengan disaksikan oleh masing-masing calon osim priode 2022-2023.

Perolehan suara untuk masing-masing calon begitu sengit ketika dibacakan sah atau tidak sah oleh panitia dan anggota panitia lainnya.

Silih berganti dibacakan dimana calon urut nomor 1 dan urut 3 saling bersaing dan saling kejar dalam perolehan suara. Sementara pasangan urut no. 2 dan 4 hanya beberapa kali terdengar suara yang diperoleh.

Hingga pengitungan suara selesai didapatkan perolehan terbanyak adalah diperoleh oleh Pasangan calon urut 1 yakni Laili Rahmayani dan Safitri Ramdani memperoleh suara sebanyak 364 suara, disusul dengan pasangan urut 3 M. Adit Zakaria dan Laziza Putri meraih 186 suara.

Sementara pasangan urut 2 Asha Sarah Bahira dan Gadis Mar’atus Solihah meraih 10 suara dan pasangan urut 4 Hakim Mahfudh yang berpasangan dengan Nadine Indria Asmarani hanya meraih 23 suara.

Maka dari hasil tersebut sebagai pemenang pemilu Osim adalah pasangan nomor urut 1 yaitu Laili Rahmayani berpasangan dengan Safitri Ramdani.

6. Penentuan Keputusan Pemenang Pemilu Osim

Setelah dipastikan siapa pemenang dari proses pemilihan calon ketua dan wakil ketua Osim adalah pasangan urut pertama. Kepada pemenang diputuskan penentuannya secara sah oleh Kepala MTsN 3 Mataram yang diwakili oleh wakil kepala madrasah bidang kesiswaan L. M. Junaidi, S.Pd disaksikan oleh semua calon, peserta pemilihan dan dewan guru serta staf karyawan madrasah.

Disampaikan oleh Wakasis L.M. Junadi selamat kepada pasangan yang telah memenangkan kegiatan pilkasim yang begitu bersejarah dan setiap tahunnya diadakan. Ini adalah momen dalam belajar berdemokrasi dan berorganisasi. Semoga ketua osim yang terpilih untuk priode 2022-2022-2023 bisa membawa madrasah lebih maju.

Baca Juga  Selamat ! Septina Keysa Gita Kinanti Siswa MTsN 3 Mataram Raih Medali Perak Taekwondo TI Kota Mataram

7. Pidato Kemenangan Calon Ketua dan Wakil Ketua Osim

Sebagai akhir dari proses rangkaian kegiatan pemilihan calon ketua dan wakil ketua Osim adalah pidato oleh calon ketua dan wakil ketua yang dinyatakan terpilih dengan mengantongi suara terbanyak.

Pasangan yang memenangkan pilkasis Laili Rahmayani bersama pasangannya Safitri Ramdani menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh teman-temannya atas kepercayaannya telah memberikan hak suaranya tanpa ada paksaan.

Dalam keadaan menangis bahagia Ia tidak menyangka akan dirinya memperoleh suara terbanyak hingga 364 suara dan terpilih menjadi ketua osim MTsN 3 Mataram. Ia lantas tak lupa berterima kasih kepada pengurus anggota osim yang lama. Dan meminta agar diberikan masukan, saran yang positif untuk sama-sama memajukan madrasah melalui organisasi siswa.

Itulah 7 fakta rangkaian pelaksanaan pemilihan calon ketua dan wakil ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah periode 2022-2023 digelar oleh MTsN 3 Mataram selama 3 hari sejak tanggal 25 – 27 Agustus 2022.

Dipublikasikan oleh
Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar