Info Sekolah
Rabu, 21 Feb 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

MTsN 3 Mataram Hadirkan Pakar Kebahasaan untuk Bekali Peserta Didik Baru

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan / Kesiswaan

Mtsn3mataram_news- Penguasaan kebahasaan terutama dalam bidang literasi sangat penting dibekali sejak dini bagi pelajar. Sebagaimana yang dilakukan MTsN 3 Mataram untuk memberikan bekal pemahaman dan penguasaan kebahasaan literasi bagi peserta didik baru menghadirkan pihak Kantor Bahasa Provinsi NTB pada Rabu (13/7/2022).

Kegiatan pembekalan ini merupakan salah satu materi yang dilakukan pada masa ta’aruf siswa madrasah (matsama) tahun pelajaran 2022/2023 yang diikuti 188 orang siswa baru. Hadir dalam kegiatan tersebut sebagai pemateri adalah Nurcholis Muslim, SS perwakilan dari pihak Kantor Bahasa Provinsi NTB.

Dihadapan para peserta didik baru Nurcholis menerangkan tentang pentingnya literasi bagi siswa terutama dalam literasi membaca dan menulis.

Dikatakannya bahwa literasi adalah salah satu kemampuan atau ketrampilan dalam bidang membaca dan menulis. “Ada 6 (enam) jenis literasi yang harus diketahui, diantaranya ada literasi baca tulis sebagai literasi tingkat dasar”, bebernya.

Selain literasi baca tulis tambah Nurcholis ada juga literasi Numerasi yaitu kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan, memahami angka, dan simbol-simbol matematika dalam kehidupan sehari-hari. Literasi Sains yaitu kemampuan manusia untuk memahami pengetahuan dan kecakapan ilmiah dengan menciptakan, membangun, atau mengorganisasikan pengetahuan dalam memahami alam semesta. Literasi Digital adalah bagaimana cara memproses berbagai informasi, dan berkomunikasi efektif dengan orang lain dalam berbagai bentuk seperti video.

“Lalu ada literasi finansial yang berkaitan dengan kemampuan dalam mengelola masalah keuangan dan literasi terakhir adalah literasi Budaya yaitu berkaitan dengan kemampuan memahami keberagaman budaya, perbedaan ras suku yang ada di Indonesia”, pungkas Nurcholis.

Untuk menumbuhkan kesadaran dalam membaca bagi siswa ia memberikan tips dan trik untuk bisa meningkatkan kemampuannya dalam literasi membaca dan menulis diantaranya dengan memanfaatkan berbagai jenis buku sebagai variasi bahan bacaan, selalu membiasakan diri dalam kegiatan membaca di kelas maupun luar kelas.

Baca Juga  Kemenag Kota Mataram Luncurkan Program KMASS dan Kelas Uswah MTsN 3 Mataram

“Berlatih menyelesaikan suatu masalah dengan cara menulisnya, dan menjadikan literasi membaca itu sebagai alat komunikasi antar sesama” tandas Nurcholis.

Sementara Kepala MTsN 3 Mataram H.  Marzuki mengapresiasi atas pembekalan materi tentang kebahasaan yang disampaikan oleh pihak Kantor Bahasa Provinsi NTB.

“Semoga apa yang telah diberikan kepada peserta didik bisa diterapkan ketika pembelajaran dikelas nanti, sehingga anak-anak kami mampu dan terbiasa berliterasi dalam segala hal tidak hanya dalam literasi baca tulis, bahkan mereka juga mampu menguasai literasi digital”, harapnya.

Diwartakan oleh
Ruslan Wahid, ST (Humas MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar