Info Sekolah
Kamis, 23 Mar 2023
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

MTsN 3 Mataram Peringati Hari Santri, Peserta Gunakan Kain Sarung

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

MTs3Mataram_News- Tepat pada hari Jumat (22/10/2021) MTsN 3 Mataram menggelar apel upacara peringatan Hari Santri Nasional 2021 yang diikuti oleh seluruh warga madrasah dengan balutan kain sarung yang menjadi ciri khas seorang santri. Tampqk bagian atas dengan peci hitam, baju serba putih dengan bawahan sarung gelap yang dikenakan oleh peserta termasuk petugas-petugas upacara.

Hari Santri Nasional (HSN) merupakan salah satu hari Nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah di bawah presiden Joko Widodo untuk mengingatkan perjuangan para Santri dalam berjuang mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari tangan para penjajah. Sehingga ditetapkan tiap tanggal 22 Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Santri Nasional oleh masyarakat Indonesia.


Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki dalam amanatnya mengungkapkan ditetapkannya Hari Santri Nasional pada tiap tanggal 22 Oktober bukan tanpa arti dan bukan tanpa dasar.


“Melainkan jika kita mau membaca sejarah, yang menjadi dasar penetapan hari santri Nasional ini adanya peran ulama dan Santri di masa lalu dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, yang kemudian dikenal engan seruan Resolusi Jihad” ungkapnya.


Maka dari itu ia mengajak kepada seluruh peserta apel untuk bisa mengambil pelajaran dan memiliki semangat yang sama dengan para pejuang ulama dan santri untuk mencintai dan bersama-sama menjaga bangsa Indonesia dengan cara berjihad sesuai profesi dimiliki.


“Berjihad untuknmembela tanah air itu bukan saja tugas Tentara, bukan tugas Poisi saja, bukan tugas pemerintah saja, Tapi membela dan melindungi tanah air adalah tugas dan tanggung jawab kita bersama” lanjutnya.
Bagaimana caranya? Menurutnya sebagai Santri banyak hal yang bisa dilakukan untuk menunjukkan kecintaan pada ibu pertiwi yang dicintai.


“Kita belajar dengan kesungguhan hati, kemudian ilmu yang kita pelajari diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara di kemudian hari, itu dalah salah satu bentuk ekspresi cinta kepada tanah air sehingga memberi dampak yang lebih besar bagi agama, nusa, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia” bebernya

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Gelar Yasinan dan Doa Bersama Menyambut Akreditasi Madrasah


Melalui momentum peringatan Hari Santri Nasional 2021 tersebut Marzuki mengajak seluruh peserta apel untuk bersama-sama menjaga semangat juang para ulama, kyai dan santri dalam membela tanah air.


“Jangan sampai sejarah perjuangan ulama dan santri di masa lalu hanya menjadi bacaan sejarah saja, tapi lebih jauh dari itu semangat juang dan cita-cita luhur mereka harus benar-benar sampai pada kita saat ini” pungkas Marzuki

“Selamat Hari Santri Nasional 2021, terima kasih untuk semuanya yang telah ikut serta dalam mengikuti apel upacara HSN 2021, terima kasih kepada para petugas yang sukses menjalankan tugasnya dengan baik dan seluruh peserta yang mengikuti dengan khidmat, Mudahan dengan kegiatan ini dapat memberi setitik manfaat bagi kita semua” tutup Marzuki.


Diwartakan oleh

Ruslan Wahid, ST (Guru MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar