Info Sekolah
Rabu, 21 Feb 2024
  • Terima kasih telah berkunjung di website resmi MTsN 3 Mataram

MTsN 3 Mataram Berikan Vaksin Kepada Peserta Didik

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan

MTsN3Mataram_News- Untuk mendukung program pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19 MTsN 3 Mataram melakukan vaksinasi kepada seluruh peserta didik yang telah menyatakan bersedia diberikan vaksin.

“Siswa sebelumnya diberikan sosialisasi akan pentingnya vaksin untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Covid-19 dan sebagai syarat utama untuk dilakukan pembelajaran tatap muka (PTM) bagi madrasah” ungkap H. Marzuki Kepala MTsN 3 Mataram saat meninjau pelaksanaan vaksin (10/9/21).

Pelaksanaan vaksinasi siswa MTsN 3 Mataram dihadiri langsung oleh Kepala Kakankemenag Kota Mataram Drs. H. Muhammad Amin, M.M.Pd didampingi pengawas pembina Dr. Hj. Rahimah, M.Pd. Turut hadiri juga dari pihak Kepolisian Polsek Kecamatan Sekarbela, Pihak TNI dan Dinas Kesehatan Kota Mataram.

Marzuki menceritakan kepada pihak yang hadir menyaksikan proses vaksinasi kepada peserta didik dan wali murid bahwa beberapa bulan sebelumnya telah melakukan sosialisasi tentang vaksin yang akan diberikan kepasa siswa guna mencegah terjadinya covid-19.

“Setelah melakukan sosialisai langkah kami kepada peserta didik, kami berikan surat pernyataan bersedia di vaksin yang dibubuhi tanda tangan oleh peserta didik sendiri dan diketahui oleh orang tua masing-masing” bebernya.

Kendati demikian ia mengaku tidak memaksa kepada peserta didiknya untuk harus atau wajib mengisi surat pernyataan agar tidak memberatkan. “Bagi yang bersedia kami lakukan pendataan agar segera dilakukan vaksinasi, bagi yang tidak atau belum bersedia kami juga tidak memaksa namun kami tetap berharap dan optimis agar semua peserta didik kami mau divaksin” sambung Marzuki.

“Karna bagaimanapun juga vaksin ini merupakan SIM utama untuk melakukan PTM di madrasah, kami tidak mau izin PTM itu dicabut oleh pemerintah. Maka target kami agar semua siswa mau dan bersedia divaksin, kami akan terus melakukan pendekatan dan mengintensifkan kembali sosialisasi kepada wali murid pentingnya vaksinasi virus Covid-19 baik vaksin secara sendiri di Puskesmas terdekat atau langsung kami fasilitasi di madrasah” tandasnya.

Baca Juga  MTsN 3 Mataram Salurkan Zakat Fitrah Ramadhan 1443 H

Pada kesempatan yang sama Kepala Kakankemag Kota Mataram H. Muhammad Amin saat ikut secara langsung menyaksikan proses vaksinasi oleh pihak tenga Kesehatan dari Puskesmas Karang Pule Sekarbela Mataram mengapresiasi langkah-langkah yang telah dijalankan oleh pihak madrasah.

“Ini adalah langkah nyata yang dapat kami lihat secara langsung bukan sekedar rencana saja namun terbukti ikut mendukung program pemerintah dalam hal penanganan pandemi virus Covid-19 melalu vaksin kepada peserta didik”, pujinya.

“Dan kami sangat mengapresiasi apa yang telah dijalankan oleh kepala madrasah, dan berterima kasih yang setinggi-tingginya kepada pihak terkait seperti kepolisian, TNI dan Dinas Kesehatan yang ikut serta memantau berjalannya proses vaksinasi, semoga berjalan dengan baik dan dapat ditiru oleh madrasah-madrasah lain” sambungnya.

Untuk diketahui sebanyak 178 siswa dilakukan vaksin tahap pertama di MTsN 3 Mataram oleh pihak Puskesmas Karang Pule Sekarbela dengan menerjunkan tenaga kesehatannya sebanyak 12 orang nakes. Selain 178 siswa yang divaksin langsung, 88 orang siswa telah melakukan vaksin secara mandiri di luar madrasah. Adapun vaksin yang diberikan kepada seluruh siswa adalah vaksin Sinovac.

Proses vaksinasi dimulai dari pendaftaran secara online dengan menunjukkan kartu keluarga, kemudian dilakukan pengukuran suhu tubuh dan tensi tekanan darah, baru dilakukan suntik vaksin Sinovac. Usai suntik selanjutnya siswa menyerahkan data bukti vaksin untuk dilakukan perekaman dan cetak sertifikat vaksinasi sambil melakukan pemulihan selama 15 – 20 menit usai vaksin.

Diwartakan oleh

Ruslan Wahid, ST (Guru MTsN 3 Mataram)

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Bq. Komala Dewi
Jumat, 10 Sep 2021

Program vaksinasi sbg ikhtiar semoga PTM kembali normal dan pandemi C-19 segera berakhir

Balas

Beri Komentar